Selasa, 26 Oktober 2010

Tugas Softskill 2

Pertanyaan :
1. Jelaskan Ruang lingkup ORMET
2. Megapa uang bisa dijadikan sebagai motivasi dalam bekerja
3. Apa sebab timbulnya organisasi informal
4. Apa yang dimaksud dengan ‘ Jendela Johari’?

Jawaban :
1. A. Analisis organisasi.
Yaitu dengan mendiagnosis dan menganalisa tugas pokok , pengelompokan fungsi-fungsi, rentang kendali dan prinsip-prinsip organisasi lainnya yang tertuang dalam struktur organisasi.
B. Komunikasi dalam organisasi.
Dalam organisasi peranan komunikasi antar anggota sangat diperlukan untuk dapat memperlancar proses pencapaian tujuan organisasi. Selain itu komunikasi antar anggota dapat mempersolid anggota dalam suatu organisasi dalam penyamaan visi dan misi.
C. Tata kerja, tata aliran, sistem.
Merupakan suatu cara bagaimana agar sumber-sumber dari waktu yang amat tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga tujuan tercapai secara effisien.
D. Pendayagunaan mesin kantor.
Adalah salah satu metode dalam memanfaatkan segala fasilitas milik kantor dalam upaya untuk mendukung kegiatan organisasi agar tujuan dapat tercapai.
E. Pentingnya tata ruang kantor dan penyusunan perencanaan.
Pada tahap penyusunan perencanaan biasanya dasar-dasar dari tujuan suatu organisasi mulai dibentuk berikut langkah-langkah kedepannya dalam menguatkan visi dan misi organisasi.
F. Kesimpulan akhir.
Merupakan sebuah tahap atau proses akhir dari sebuah kinerja organisasi yang dapat dijadikan sebagai sebuah panutan dalam menjalalankan organisasi kedepannya.

2. Karena bagi manusia uang sudah menjadi suatu alat kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tanpa uang kebutuhan hidup sehari-hari baik yang bersifat primer, sekunder, ataupun tersier tidak akan dapat terpenuhi. Di tambah lagi kebutuhan primer manusia ( yang paling utama utama seperti makan dan minum ) tidak bisa ditunda-tunda dalam hal waktu. Jadi dapat dikatakan bahwa uang adalah sarana manusia untuk memenuhi hasratnya terhadap kebutuhan hidup sehari-hari. Sehingga manusia sangat termotivasi untuk memperoleh uang.

3. * Pada dasarny individu memiliki kebutuhan untuk mendapat kepuasan dalam berafiliasi dengan orang-orang dilingkungannya.
* Jika dalam organisasi formal kebutuhan kurang tersebut kurang dapat dipenuhi, maka ia akan mencari sumber lain untuk memenuhi kebutuhannya.
* Munculnya biasa dikarenakan adanya sekelompok orang yang memiliki kebutuhan yang sama.

4. Jendela Johari (Joseph Luft dan Harrington V. Ingham) ini mencerminkan tingkat keterbukaan seseorang yang dibagi dalam empat kuadran, Kuadran-kuadran tersebut bisa dijelaskan sebagai berikut:
• Open
Menggambarkan keadaan atau hal yang diketahui diri sendiri dan orang lain. Hal-hal tersebut meliputi sifat-sifat, perasaan-perasaan, dan motivasi-motivasinya. Orang yang “Open” bila bertemu dengan seseorang akan selalu membuka diri dengan menjabat tangan atau secara formal memperkenalkan diri bila berjumpa dengan seseorang. Diri yang terbuka, mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri demikian juga orang lain diluar dirinya dapat mengenalinya.
• Blind
Disebut “Blind” karena orang itu tidak mengetahui tentang sifat-sifat, perasaan-perasaan dan motivasi-motivasinya sendiri padahal orang lain melihatnya. Sebagai contoh, ia bersikap seolah-olah seorang yang sok akrab, padahal orang lain melihatnya begitu berhati-hati dan sangat tertutup, tampak formal dan begitu menjaga jarak dalam pergaulan. Orang ini sering disebut sebagai seseorang yang buta karena dia tidak dapat melihat dirinya sendiri, tidak jujur dalam menampilkan dirinya namun orang lain dapat melihat ketidak tulusannya.
• Hidden
Ada hal-hal atau bagian yang saya sendiri tahu, tetapi orang lain tidak. Hal ini sering teramati, ketika seseorang menjelaskan mengenai keadaan hubungannya dengan seseorang. “Saya ingat betul bagaimana rasanya dikhianati pada waktu itu, padahal aku begitu mempercayainya”. Luka hati masa lalunya tidak diketahui orang lain, tetapi ia sendiri tak pernah melupakannya.
• Unknown
Dikatakan “Unknown”, karena baik yang bersangkutan, maupun orang lain dalam kelompoknya tidak mengetahui hal itu secara individu. Sepertinya semua serba misterius

0 komentar:

Posting Komentar