Jumat, 19 November 2010

Greenpeace, Organisasi Peduli Lingkungan

Dalam beberapa dekade terakhir dunia diterpa berbagai isu besar internasional baik dalam cakupan ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan. Dan salah satu isu yang masih terus hangat untuk diperbincangkan sampai saat ini di lingkungan global adalah isu tentang lingkungan hidup. Bahkan hal ini tidak jarang menjadi topik center bagi setiap negara-negara maju dan berkembang dalam setiap konfrensi internasional yang terselenggara.

Seperti yang diketahui bersama, isu lingkungan hidup ini menjadi sebuah bentuk kepedulian secara global terhadap kualitas kondisi lingkungan hidup yang terus menurun dari waktu ke waktu. Dan hal tersebut tentunya akan mengancam dimensi kehidupan yang ada didalamnya, terutama keberlangsungan kehidupan manusia. Salah satu istilah yang sering digunakan dalam hal ini tentu saja global warming.

Global warming menyebabkan naiknya suhu dipermukaan bumi dikarenakan terperangkapnya gas Carbon dioksida di lapisan atmosfer sehingga dapat menyebabkan es dikutub-kutub bumi mencair sehingga membuat kemampuan lapisan ozon untuk melapisi atmosfer bumi berkurang ( menipis ). Selain itu banyak efek yang ditimbulkan oleh global warming, seperti perubahan cuaca yang sangat ekstrem, kenaikan air laut yang dapat mengancam permukaan suatu daratan, dan lain sebagainya. Banyak faktor penyebab global warming, seperti penghilangan fungsi hutan, limbah industry, limbah rumah tangga, emisi gas sampai kurangnya kesadaran manusia untuk melestarikan lingkungan ( alam ).

Seiring berjalannya waktu manusia mulai menyadari adanya potensi bahaya dari global warming ini, sehingga muncul banyak kelompok atau organisasi yang berusaha untuk mengingatkan dunia akan pentingnya kualitas lingkungan hidup. Salah satu organisasi yang sangat terkenal dalam usahanya untuk kepentingan lingkungan hidup adalah Greenpeace.


Organisasi ini merupakan salah satu organisasi global yang besar, mengingat memiliki banyak markas dibanyak negara dengan markas pusatnya yang terletak di Amsterdam, Belanda. Organiasi ini tidak hanya menyerukan dunia untuk meningkatkan kepedulian terhadap masalah global warming, tetapi juga terhadap berbagai isu-isu lingkungan hidup lainnya, seperti limbah industry, penggundulan hutan, polusi udara, dan lain sebagainya.

Greenpeace dapat dikatakan telah menjadi sebuah platform organisasi yang unik, mengingat latar belakang berdirinya orgnisasi ini terkait isu lingkungan hidup. Jika dibandingkan dengan latar belakang berdirinya banyak organisasi yang didasarkan pada tujuan untuk memperoleh kemampanan untuk kepentingan lingkungan internal organisasi tersebut. Jelas sangat berbeda, karena Greenpeace lebih banyak mempengaruhi lingkungan eksternal organisasi lewat kampanye-kampanyenya pada dunia internasional.

Greenpeace didirikan di Vancouver, British Columbia, Kanada pada 1971. Kata greenpeace dikombinasikan oleh Bill darnell. Pada awalnya Greenpeace dikenal menggunakan aksi langsung tanpa kekerasan dan konfrontasi damai dalam melakukan kampanye untuk menghentikan pengujian nuklir angkasa dan bawah tanah, begitu juga dengan kampanye menghentikan penangkapan ikan paus besar-besaran. Tetapi kemudian dalam perkembangannya organisasi ini mulai mengarahkan fokus ke masalah lingkungan sosial lain seperti global warming.

Setiap organisasi memiliki misi dalam etos kerja organisasinya dan Greenpeace punya akan hal ini juga, isi dari misi Greenpeace adalah sebagai berikut :

“Greenpeace adalah organisasi independen yang berkampanye menggunakan konfrontasi kreatif anti kekerasan untuk mengungkap permasalahan lingkungan global, dan untuk memaksa solusi bagi sebuah masa depan yang damai dan hijau. Target Greenpeace adalah untuk memastikan kemampuan bumi untuk kelangsungan hidup bagi semua keanekaragamannya”.

Meskipun dalam misinya Greenpeace menekankan akan menyerukan permasalahan lingkungan tanpa cara kekerasan, tidak jarang dalam setiap kampanye yang dilakukan oleh para aktivisnya diberbagai belahan dunia terjadi kericuhan. Meskipun begitu Greenpeace secara luar biasa mampu mengkampanyekan isu lingkungan hidup ke negara-negara maju dan berkembang. Hal itu sangat berarti besar mengingat negara-negara maju dan berkembang menyumbang porsi besar dalam global warming lewat limbah-limbah industrinya, emisi gas, dan efek rumah kaca.

Sehingga sekarang banyak negara di dunia berlomba-lomba untuk melakukan penghijauan masal. Selain itu kesadaran masyarakat dunia mulai tumbuh untuk peduli terhadap lingkungan hidup karena untuk menjaga lingkungan tempat manusia hidup mutlak dibutuhkan peran nyata manusia, tanpa hal tersebut mustahil kehidupan dibumi bisa berlangsung. Meskipun secara realistis global warming ini tidak akan dapat dihentikan, tetapi setidaknya masih ada yang dapat manusia lakukan untuk mencegah dampak negatif yang ditimbulkan global warming. Sehingga masih ada hari esok untuk menikmati indahnya mentari terbit, terangnya bulan purnama, dan segarnya udara pagi.

2 komentar:

  1. SAYA SEDANG BERJUANG UNTUK PENGHIJAUAN DI DAERAH SAYA LETAK DI DESA KADUSIRUNG KECAMATAN PAGEDANGAN KABUPATEN TANGERANG, SAYA BERHARAP SIAPAPUN YANG PEDULI TERHADAP LINGKUNGAN AGAR DAPAT MEMBANTU SAYA MENGENAI SUMBER PENDANA UNTUK MELAKSANAKAN PROGRAM HUTAN DESA YANG AKAN SAYA LAKSANAKAN BERSAMA RELAWAN DI DAERAN BANTEN

    BalasHapus
  2. izin copy untuk paper mas. hehe. makasih

    BalasHapus