Senin, 26 Maret 2012

Tulisan 2 Bahasa Indonesia 2 (Pertemuan 2)


Android, Trend OS Ponsel Di Indonesia


Pada mulanya android merupakan sebuah perusahaan kecil yang bernama Android.inc. Kemudian diakusisi oleh raksasa tehnologi Google.inc. Untuk selanjutnya Google mencoba mengembangkan System Operasi untuk ponsel dengan berbasis Linux. Seperti yang telah diketahui, Linux adalah System Operasi untuk komputer yang bersifat open source. Jadi dapat dikatakan bahwa android merupakan versi mini dari Linux. Karena merupakan produk open source (diunduh gratis), maka perkembangan os android berlangsung sangat cepat. Hal tersebut terlihat dari tersedianya fitur-fitur baru untuk setiap versi android. Hal tersebut dimungkinkan karena setiap orang dapat mengembangkan os android sesuai keinginannya masing-masing.

Di Indonesia sendiri ponsel android sudah menyerang pasar Indonesia beberapa tahun lalu. Berbagai developer nasional berlomba-lomba untuk mengembangkan aplikasi berbasis android untuk mendukung kenyamanan user dalam menggunakan os ini. Berbagai aplikasi yang dihasilkan, di lepas ke android market, mulai dari yang bebas biaya (gratis) sampai yang berbayar.


Gambar simbol OS Android

Masuknya ponsel berbasis android ke Indonesia, ternyata berdampak cukup besar dalam merubah peta persaingan vendor ponsel dipasar Indonesia. Jika biasanya Nokia memiliki porsi besar dalam hal penjualan ponsel dengan mengandalkan os symbian, kini porsi tersebut mulai dicuri oleh Samsung dengan ponsel-ponsel keluarannya yang berbasiskan os android.

Salah satu keunggulan dari os android adalah kemampuannya dalam menampilkan antar muka pengguna (user interface) yang sangat dinamis dan tidak terlihat kaku. Meskipun pada awal kemunculannya ponsel android dibandrol dengan harga yang cukup mahal (mungkin untuk kelas menengah), tetapi dalam perkembangannya sekarang ponsel android telah mencapai segmen menengah kebawah dan telah membuat ponsel android menjadi lebih merakyat.

Secara tidak langsung, hal tersebut menjadi salah satu faktor yang mendorong trend ponsel android di Indonesia. Melihat berbagai kelebihan yang dimiliki oleh ponsel berbasis android, menarik untuk menunggu seberapa besarkah ponsel android ini dapat menguasai segmen pasar di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar